| 0 komentar ]

Universitas Sulawesi Barat yang kita kenal dengan singkatan Unsulbar, merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mengikuti Seleksi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) pada Tahun Akademik 2021/2022. Universitas Sulawesi Barat menawarkan berbagai program studi (jurusan), pada berbagai fakultas yang terdapat di PTN tersebut.

Secara nasional hasil dari Seleksi SBMPTN tersebut akan diumumkan oleh Panitia SBMPTN 2021 yakni LTMPT yang merupakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa baru berdasarkan kesetaraan, keadilan, fleksibilitas, efisiensi, serta akuntabel. LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru secara terstruktur dan terukur.

LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) yang berkantor di Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Pintu I Senayan, Jakarta menjadwalkan Pengumuman Kelulusan Seleksi Sbmptn Tahun Akademik 2021/2022 secara online pada Hari Senin, tanggal 14 Juni yang dapat dicek (dilihat) pada tanggal 14 Juni 2021 Pukul 15.00 WIB pada Laman Resmi Pengumuman Kelulusan Seleksi Sbmptn yaitu : pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau bisa dicek (dilihat) pada pada Laman Resmi PTN Mirror.

Selanjutnya untuk adik-adik yang memilih salah satu atau semua program studi (jurusan) yang ditawarkan oleh Universitas Sulawesi Barat, apabila terdapat kendala untuk mengakses Laman pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id, bisa dicoba untuk membuka Laman Resmi PTN Universitas Sulawesi Barat pada Laman Unsulbar.ac.id. Bahkan adik-adik yang kurang yakin dengan status kelulusannya pun boleh-boleh saja untuk mengeceknya di Situs Resmi Universitas Sulawesi Barat yakni Unsulbar.ac.id.

Mudah-mudahan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) bisa benar-benar mendapatkan calon mahasiswa baru yang diperkirakan mempunyai keberhasilan studi di Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar). Selain itu kita semua tentunya berharap bahwa masyarakat akan mendapat kenyamanan dan kemanfaatan yang lebih, dengan kata lain masyarakat Indonesia dengan seleksi SBMPTN ini akan mendapatkan kenyamana dan kemanfaatan yang lebih, karena Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada PTN diselenggarakan dengan prinsip Adil, Akuntabel, Fleksibel, Efisien, serta Transparan.

Prinsip Adil yaitu tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, kondisi fisik, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa, dengan tetap memperhatikan potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa dan kekhususan Program Studi di PTN yang bersangkutan. Prinsip Akuntabel, yaitu dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas. Prinsip Fleksibel, yaitu pelaksanaan TPS diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh lebih dari satu kali tes. Prinsip Efisien, yaitu penyelenggaraan tes masuk PTN menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pelibatan sumber daya manusia, dan fleksibilitas waktu; dan Prinsip Transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTN dilakukan secara terbuka dan hasil pelaksanaan dapat diakses secara mudah.

Sebagai informasi tambahan bahwa Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) memperoleh izin operasional melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 229/D/0/2007 tanggal 31 November 2007 yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Indonesia Sulawesi Barat di bawah koordinasi Kopertis Wilayah IX Sulawesi. Tanggal 13 Mei 2013 Universitas Sulawesi Barat berubah status dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 36 Tahun 2013 tentang Pendiiran Sulawesi Barat. Dengan adanya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 36 Tahun 2013 tentang Pendiiran Sulawesi Barat berarti bahwa Yayasan Pendidikan Indonesia Sulawesi Barat telah mengalihkan pengelolaan dan aset Universitas Sulawesi Barat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Semoga artikel panduan Pengumuman Kelulusan Seleksi Sbmptn Tahun Akademik 2021/2022 di Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) ini bisa membantu pada pihak-pihak yang berkepentingan terutama para siswa peserta Sbmptn Tahun Akademik 2021/2022, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- Unsulbar.ac.id
- ltmpt.ac.id
- ujiantulis.com
- programstudi.com
- banpt.id
- pendidikandokter.com
- kedokteran.net
- seleksimandiri.com
- banpt.blogspot.com

0 komentar

Posting Komentar